Senin, 17 Desember 2012

Penyakit Norovirus, Penyakit Yang Wajib Diketahui

Sudah seminggu yang lalu di panti jompo tempat saya bekerja terjadi wabah penyakit yang sangat cepat sekali penyebarannya, kalau orang jepang bilangnya ノロウイルス(Norovirus). Penyakit ini sangat berbahaya, karena penyebarannya sangat mudah, dari makanan, udara maupun bekas sentuhan si penderita. Gejalanya tidak jauh beda dengan penyakit keracunan (食中毒)berawal dari kepala pusing, mual, suhu tubuh tinggi, diare.
Di pantiku para lansia terjangkit penyakit ini, dan penyebarannya sangat cepat sekali. Berawal dari satu orang lantai yang terkena, tak lama kemudian semua lantai tertular penyakit ini. Sehingga lansia yang terinfeksi penyakit ini harus di isolasi dan mendapatkan perawatan yang ekstra ketat. Mulai dari semua tempat makanan dan minumannya, setelah selesai harus disterilkan. Kalau di keluar dari kamar ke toilet, bekas pegangan dinding dan lantainya harus segera disterilkan juga. Karena penyebaran penyakit ini sangat cepat dan para lansia sangat rentan dengan penyakit ini.

Di Jepang sendiri menurut para pegawai di tempatku penyakit norovirus ini sering terjadi pada musim dingin. Penyakit ini sendiri hanya hidup di kerang, jadi penyakit ini katanya bisa hidup lama di kerang yang telah mati atau yang belum dimasak atau sehabis dimakan yang telah terjangkit virus ini. Oleh karena itu di Jepang masakan seperti sushi dan sejenisnya yang dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu sangat rentan dengan penyebaran penyakit ini.

Di pantiku sudah 2 orang lansia yang meninggal karena penyakit ini, lansianya juga punya penyakit jantung bawaan yang sudah kronis. Para pegawai di tempatku juga tidak luput dengan penularan penyakit ini, sungguh penyakit yang sangat berbahaya terutama aku yang sama sekali tidak tahu dengan penyakit ini. Semasa kuliah juga belum pernah dengar penyakit ini, saat aku bicara seperti itu sama orang jepang mereka tidak percaya kalau penyakit ini tidak begitu dikenal seperti di negeri Matahari Terbit ini.

Buat pencegahan norovirus ini :
Mencuci tangan
biasakan mencuci tangan dengan air dan sabun, gel anti kuman untuk resiko tangan yang kotor karena mungkin memegang benda atau orang yang terkontaminasi.

Kebersihan makanan
cucilah makanan yag akan kita konsumsi seperti buah, sayuran, ikan dll.

Jaga kebersihan
Biasakanlah mencuci peralatan dan tempat pengolahan makanan dengan disinfektan atau clorine untuk membunuh kuman.

Pakaian bersih
Selalu mengganti dan menggunakan pakaian yang bersih agar tidak mudah bakteri tinggal dan berkembangbiak dibaju kita yang kotor.

Semoga bermanfaat. ^_^

4 komentar:

  1. Kunjungan mas, dari perawat blogger disoloraya.hehe

    BalasHapus
  2. Salam kenal mas..
    Semoga profesi perawat bisa makin cerdas dan bermanfaat bagi orang lain..
    thanks

    BalasHapus
  3. selamat siang mas, salam kenal saya baru lulus dan ingin srkali ke jepang ingsyaallah tahun ini ikut daftr careworker, bisa memberi tips dan triknya mz, terimakasih

    BalasHapus

Entri Populer