Selasa, 01 September 2009

KESEIMBANGAN POSTURAL PADA LANJUT USIA



Definisi Keseimbangan Postural
Menurut Punakallio (2005) Keseimbangan Postural (balance/stability) didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mempertahankan keseimbangan saat berjalan yaitu dapat berjalan secepat mungkin (Dharmmika, 2005). Sedangkan menurut (Suhartono, 2005) keseimbangan postural adalah kemampuan tubuh untuk memelihara pusat dari massa tubuh dengan batasan dari stabilitas yang ditentukan oleh dasar penyangga. Pusat massa tubuh adalah titik dimana jumlah gaya yang bekerja samadengan nol. Pada orang normal, pusat massa tubuh terlatak di depan vertebra sacral ke-2 atau berada 55-57% dari tinggi badan seseorang di atas tanah. Batasan stabilitas adalah tempat pada suatu ruang dimana tubuh dapat menyangga posisi tanpa berubah dari dasar penyangga.

Klasifikasi Keseimbangan Postural
Keseimbangan Postural diklasifikasikan menjadi 2 (Suhartono, 2005), yaitu:

  1. Keseimbangan statik.

    Keseimbangan statik adalah suatu keadaan dimana seseorang dapat memelihara keseimbangan tubuhnya pada suatu posisi tertentu selama jangka waktu tertentu. Misalnya pada anak yang menirukan patung.

  2. Keseimbangan dinamik.

    Keseimbangan dinamik merupakan keseimbangan pada saat tubuh melakukan gerakan atau saat berdiri di atas landasan yang bergerak (dynamic standing) yang akan menempatkannya dalam kondisi yang tidak stabil, dan pada keadaan ini kebutuhan akan kontrol keseimbangan postural semakin meningkat. Misalnya keseimbangan saat berjalan, naik di atas perahu, ataupun berlari di atas treadmill.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar