Selasa, 31 Januari 2012

Pengasuh Lansia Asal Indonesia Mengikuti Ujian Negara Jepang Untuk Pertama Kalinya

Minggu (29/01), Para Senpai EPA 1 telah mengikuti ujian negara Jepang. Tidak sengaja liat TV di Jepang ada berita tentang para senpai EPA 1 yang diwawancarai tentang kesiapannya mengikuti ujian negara untuk pertama kalinya, banyak yang bilang cemas ada juga yang santai. Berbeda dengan calon perawat rumah sakit, ini merupakan ujian yang pertama kalinya bagi para calon pengasuh lansia, karena terdapat persyaratan dalam mengikuti ujian yang berbeda untuk keduanya.


Para calon perawat dapat mengikuti ujian setiap tahunnya, meskipun belum satu tahun bekerja di rumah sakit Jepang. Sedangkan para calon pengasuh lansia, diwajibkan bekerja selama tiga tahun di rumah jompo Jepang terlebih dahulu, jika ingin mengikuti ujian nasional.

Jika berhasil lulus, para calon pengasuh lansia dapat memperoleh sertifikat resmi dari pemerintah dan melanjutkan kerja di Jepang. Namun, jika tidak berhasil lulus, maka mereka diharuskan pulang, karena menurut peraturan yang berlaku, para pengasuh lansia hanya diperbolehkan bekerja di Jepang selama 4 tahun. Oleh karena itu, ujian nasional ini dianggap sebagai yang pertama sekaligus terakhir bagi para calon pengasuh lansia.


Namun pemerintah Jepang memberikan keringanan bagi para calon pengasuh lansia yang memiliki nilai tinggi, tapi tidak mencukupi target kelulusan, yaitu dengan memperpanjang masa tinggal mereka selama 1 tahun ke depan.

Rencananya, hasil ujian nasional baru akan diumumkan pada tanggal 28 Maret mendatang. Semoga para senpai EPA 1 diberikan yang terbaik nantinya. Amin. 
Berikut cuplikan videonya,,, 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer